Pengamen Anti Mainstream

Siapa yang dapat melaksanakannya dan berusaha mewujudkan
Semua itu demi hidup yang baik
Hanya dia yang mampu melaksanakannya



Adakah yang masih ingat dengan lirik lagu itu? Remaja milenial atau anak-anak generasi Z sudah dipastikan tidak tahu itu lirik lagu apa. Akan tetapi coba tanyakan kepada anak-anak generasi tahun 90-an.

Apalagi anak-anak yang saat itu pecandu film-film kartun pastilah tahu dan hafal betul penggalan lirik lagu itu.

Ayo anak-anak generasi 90-an, itu lirik lagu apa? Ya benar sekali, itu adalah penggalan dari sound track film Dragon Ball Z.

Film kartun yang tayang di salah satu televisi swasta ternama di Indonesia ini sekira tahun 90-an sampai awal tahun 2000-an ini menjadi film favorit anak-anak kecil saat itu.

Memang durasi tayangnya cukup singkat, yakni hanya 30 menit dari pukul 08.00 s.d. 08.30. Akan tetapi saat itu sejak pukul tujuh pagi anak-anak sudah mengantre untuk menontonnya di salah satu rumah orang yang mempunyai antenna parabola. Maklum belum banyak orang yang bisa menikmati tayangan televisi swasta jika tidak memiliki parabola.

Mereka sangat menikmati aksi tokoh kartun Sun Goku, manusia setengah kera yang berjuang mencari bola naga untuk perdamaian dunia.

Lho, kok kenapa saya malah membicarakan film kartun favoritku saat kecil? Jawabnya adalah gegara seorang pengamen.

Lalu apa kaitan antara dragon ball dengan pengamen?

Cerita ini bermula Jumat lalu selesai saya melaksanakan salat jumat di mesjid Roudhah, mesjid besar yang berada tepat di depan rumahku. Saat itu seperti biasa, selesai melaksanakan salat Jumat, saya menziarahi makam kedua orang tuaku yang berada di belakang mesjid.

Keluar dari kuburan, saya kembali ke rumah yang jaraknya hanya 15 meter. Baru masuk rumah saya mendengar suara pengamen di depan rumah tetanggaku. Tidak seperti biasanya saya acuh terhadap pengamen. Kali ini saya tertarik dengan nyanyian si pengamen.

Pada umumnya pengamen menyanyikan lagu pop atau dangdut. Pengamen yang ini sungguh anti mainstream atau out of the box. Dia menyanyikan lagu anak-anak. Saya pengin tertawa mendengarnya. Tapi saya masih menghargai nyanyian dia. Saat itu, dia menyanyikan lagu "hai tayo".

Dia menyanyikannya dengan lancar sampai selesai. Setelah menerima uang dari tetanggaku, dia bergeser ke rumahku dan menyanyikan lagu seperti lirik di atas.

Saya sempat bingung dia menyanyikan lagu apa. Setelah sempat mengingat memori 25 tahun lalu, akhirnya saya bisa menebak lagu tersebut. Ternyata dia menyanyikan soundtrack dragon ball Z.

Ketika dia menyanyikan lagu tersebut, seakan saya kembali ke masa 25 tahun yang lalu. Masa anak-anak yang sangat menyenangkan. Masa di mana kita bisa bermain sepuasnya dan belum ada gadget yang telah "merusak" permainan tradisional yang pernah saya mainkan bersama teman-teman sepermainanku.

Sungguh pengamen unik tersebut membawa hiburan tersendiri buatku yang sangat merindukan masa-masa seperti dahulu.

Sayang, dia hanya 30 detik menyanyikan lagu tersebut dan memintaku memberinya uang.  Kemudian saya mengambil uang dan memberikan kepadanya. Si pengamen mengucapkan terima kasih dan segera berlalu dariku.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koordinasi persiapan Resuffle Pengurus KKG PAI SD Kota Tegal

Menumbuhkan Budaya Literasi di Bulan Ramadan melalui Akram

Muflihul Huda resmi menjadi ketua KKG PAI Kota Tegal